Minggu, 11 Desember 2011

ASUS Designo MS-226H Monitor unik dari ASUS dengan fitur lengkap


Bila gamer melirik monitor LCD yang lebih condong kearah penampilan fisik dan style, ASUS menawarkan sebuah seri LCD baru yaitu Designo series. Seri monitor baru ini memiliki desain yang super tipis, dengan fitur-fir=tur yang cukup high-end untuk memanjakan mata dengan kemolekan visualnya. Ada beberapa ukuran yang tersedia, tapi kita akan membahas satu model saja yaitu  MS 226H.

Penampilan fisik yang menawan
fisik dari monitor ini sangat menawan, dengan kontur yang tipis, bezel yang minimal, dan stand yang berbentuk cincin. Warna putih dan hitam yang menjadi aksen juga cocok ditempatkan di lokasi manapun dirumah maupun kantor. Standnya yang yang berbentuk lingkaran ini dinamai teknologi ‘Ergo-Fit’ oleh ASUS. Sebuah konsep yang ergonomi yang memudahkan pengguna untuk mengatur kemiringan layar henya dengan satu sentuhan. Sayangnya, desain cincin ini justru membuat permukaan bawah panel langsung bersentuhan dengan permukaan meja , dan itu berarti tidak ada fungsi tilt/putar.
Layar LCD mampu menghasilkan resolusi 1920x1080 pixel (full HD), di mana saudaranya yaitu MS 227N menghasilkan tampilan resolusi 1680x1050 (WSXGA+). Dua opsi ini membedakan dimensi layarnya, dimana MS 226H menggunakan rasio 16:9 dan ukuran diagonal layar 21.5”, sedangkan MS 227N menggunakan rasio 16:10 dengan diagonal layar 22”. Kerapatan titiknya sangat baik, dan rasio kontrasnya yang didukung teknologi ASUS Smart Contras Ratio (ASCR) mampu mendorong rasio kontras hingga 50.000:1 sebagaimana diklam.
Memang rasio kontras tidak pernah sama dari monitor ke yang lainya, tapi hasil uji penglihatan saya mendapatkan warna-warna yang nyaman dengan kontas yang tidak berlebihan. Pada detail malam hari di game semacam Modern Warfare 2 pun, seluruh detail pepohonan dan lingkungan masih bisa dibedakan detailnya dengan jelas.

Kinerja panel yang baik
waktu serpon yang baik yaitu 2milidetik Gra-to-Gray juga memfasilitasi gaming dan film yang bergerak dengan mulus dan tidak terlihat berbayang. Saya mendapati adanya sedikit sekali distorsi piksel pada pergerakan yang ekstrem cepat pada refresh rate 75Hz, tapi hampir tidak terlihat oleh mata apabila tidak dilihat dari jarak yeng terlalu dekat. Untuk koreksi warna dan kenyamanan menonton, ASUS juga membenamkan Splendid Video Intelligence Technology, sebuah fitur yang bisa digunakan untuk mengatus warna dan tone secara otomatis berdasarkan preset yang sudah ada. Tesedia 5 mode untuk splendid yang bisa dipilih, 3 skin-tone, dan ada 5 pemilihan temperatur warna bagi pengguna yang sensitive terhadap gamut dan akurasi warna.
Tidak seperti MS 227N, MS226H memiliki port HDMI, sehingga cocok juga digunakan untuk menampilkan gambar dari game console atau HD Media Player. Saya juga suka dengan sistem kendali yang menggunakan sensor sentuh, dan otomatis menyala jika didekati jari. Teknologi kendali ini jga ada dibeberapa merak lain, tapi ASUS membuatnya selaras dengan frame yang hanya berketebalan 16.5 milimeter ini.

Spesifikasi
ASUS Designo MS-226H
Display Type LCD display / TFT active matrix
Diagonal size 21.5 in – Widescreen
Dot pitch / pixel pitch 0.248 mm
Max resolution 1920x1080
Color support 24-bit (16.7 million colors)
Response time 2ms
Max sync rate (V x H) 75 Hz x 83 KHz
Signal input DVI-D, VGA, HDMI


Kesimpulan dan saran pembelian
secara keseluruhan, fitur dan kinerja gaming monitor ini sangat memuaskan. Saya juga menykai desain yang artistik. Harganya mungin sedikit lebih mahal daripada monitor 22 inci biasa, disebabkan kerana teknologi ergo-fit dan panel tipis yang ditujukan untuk fashion, tapi bila dipasangkan dengan casing PC gaming yang minimalis . Misalnya, komponen komputer anda akan terlihat cantik dan serasi di atas meja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar